Popular

Friday, September 19, 2014

Badan Lembaga Koperasi Pertanian di Indonesia

Koperasi Pertanian adalah koperasi yang diperuntukkan untuk para petani, sehingga anggotanya yakni para petani. Jenis koperasi pertanian didirikan untuk para petani biasanya adalah koperasi simpan pinjam dan koperasi penjualan. Para petani bisa menyimpan uang serta meminjam uang di koperasi. Dan pada bunga yang diberikan pada saat penyimpanan biasanya relatif besar, sedangkan bunga yang dibebankan saat meminjam relatif rendah.

Koperasi Pertanian

Selain itu, mereka juga bisa membeli kebutuhan yang berhubungan dengan pertanian, seperti bibit, pupuk,  pestisida, mesin pembajak dan peralatan pertanian lainnya di koperasi pertanian. Harga yang diberikan biasanya lebih murah dibandingkan dengan toko-toko pada umumnya. Meskipun harga jual barang-barang yang dijual di koperasi sudah relatif murah, harga jual untuk anggota dan yang non-anggota juga biasanya berbeda. Anggota akan mendapatkan hargai yang lebih murah. Koperasi memang bertujuan untuk membantu para anggotanya untuk menaikkan taraf hidup.


Tujuan Koperasi Pertanian


Koperasi juga bertujuan untuk meningkatkan perekonomian. Keuntungan lain yang akan di dapat anggota pada akhir periode adalah mereka akan mendapatkan Sisa Hasil Usaha (SHU) yang juga sangat menguntungkan bagi kesejahteraan mereka. Hal-hal tersebut membuat para petani berlomba-lomba menjadi anggota koperasi petani karena keuntungan yang mereka dapatkan jika menjadi anggota sangatlah banyak sekali, malah bisa dibilang tidak ada ruginya sama sekali jika menjadi anggota Koperasi Petani. Semua petani boleh menjadi anggota tanpa terkecuali karena koperasi mempunyai sifat terbuka. Koperasi petani biasanya harus mempunyai badan hukum dan terdaftar dalam Koperasi Indonesia.

No comments:

Post a Comment